Bimtek Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Melalui Kelompok KJA Desa Tanjung Tiram Morut

Tajuk Peristiwa.Com, Konawe Selatan – Desa Tanjung Tiram, yang terletak di Kecamatan Moramo Utara, kembali meraih sorotan positif dalam upaya pemberdayaan masyarakat pesisir melalui kelompok karamba jaring apung (KJA). Hal ini dibuktikan dengan diselenggarakannya Bimbingan Teknis (Bimtek) yang sukses dihadiri oleh warga desa tersebut.Tanjung Tiram, 24 Oktober 2023

Bimtek ini diinisiasi oleh Projek aksi perubahan Camat Moramo Utara dalam rangka Diklat Kepemimpinan tingkat 3 (PIM 3) bekerja sama dengan instansi terkait, seperti Dinas Perikanan dalam hal ini tenaga penyuluh perikanan konsel Ibu Tri Daniningsih,S.Pi.M.Si. dan Kelautan serta lembaga non-pemerintah yang peduli dengan pengembangan sektor perikanan di wilayah pesisir. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kapasitas anggota kelompok karamba jaring apung dalam upaya menjaga dan mengembangkan potensi sumber daya laut.

Camat Moramo Utara, Sartati Mokke.SE dalam sambutanya menyampaikan kegiatan masyarakat kelompok nelayan di desa tanjung tiram ini harus mendapatkan informasi tehnik atau cara tertentu yang musti dilakukan agar keberhasilan kelompok sesuai dengan tujuan kita bersama.

“Kelompok Nelayan di desa Tanjung Tiram ini harus dibekali dengan Tekhnik dan cara tertentu, olehnya itu kita menghadirkan tenaga penyuluh pendampingan perikanan konsel agar nelayan yang ada mendapatkan pengetahuan tentang budidaya perikanan yang baik, dan selanjutnya akan diadakan penebaran benih bibit ikan kepada setiap kelompok di Desa Tanjung Tiram ini,”Ungkapnya

Diketahui Kegiatan Bimtek ini berlangsung selama dua hari, dimulai pada tanggal 24-25 Oktober 2023. Selama acara tersebut, peserta diajari tentang teknik pengelolaan karamba jaring apung, perawatan ikan, pengendalian kualitas air, serta prinsip-prinsip penangkapan ikan yang berkelanjutan. Para peserta, yang sebagian besar adalah nelayan dan petani ikan lokal, sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini.

Kepala Desa Tanjung Tiram Bapak Habir menyampaikan harapannya bahwa Bimtek ini akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat desa dalam meningkatkan pendapatan mereka.

“Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung acara ini. Semoga dengan pengetahuan dan keterampilan baru yang diperoleh, masyarakat desa kami dapat mencapai keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya laut dan meningkatkan kesejahteraan mereka,” ujarnya.

Bimtek Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Melalui Kelompok Karamba Jaring Apung di Desa Tanjung Tiram, Kecamatan Moramo Utara, merupakan salah satu langkah positif dalam menjaga lingkungan laut, mengurangi tekanan terhadap sumber daya ikan, serta meningkatkan taraf hidup masyarakat pesisir. Semoga inisiatif ini akan memberikan dampak positif jangka panjang bagi Desa Tanjung Tiram dan wilayah sekitarnya.

Laporan : Anditenrie.
Editor : Isman Jaya.