Pemda Koltim Kirim Tenaga Medis Bantu Korban Angin Puting Beliung di Desa Tongauna

Tajukperistiwa.com, Kolaka Timur || Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) mengirimkan tim tenaga medis untuk memberikan bantuan dan pelayanan kesehatan kepada warga Desa Tongauna yang terdampak angin puting beliung, Rabu (20/12/23)

Peristiwa bencana alam tersebut terjadi baru-baru ini, menyebabkan kerusakan yang signifikan pada 32 rumah warga di Desa Tongauna, Kecamatan Ueesi. Bencana tersebut menyebabkan trauma bagi warga dan kebutuhan mendesak akan pelayanan medis dan bantuan kesehatan.

Pemda Kolaka Timur merespons cepat dengan menggerakkan tim tenaga medis dari RSUD setempat untuk memberikan pertolongan kepada korban. Tim medis yang terdiri dari dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya telah dikerahkan untuk memberikan pelayanan medis darurat, dan memberikan pendampingan psikososial kepada warga yang mengalami trauma akibat bencana.

Selain itu, Pemda Kolaka Timur juga menyediakan bantuan obat-obatan dan peralatan medis yang diperlukan. Langkah-langkah ini diambil untuk memastikan bahwa korban mendapatkan bantuan kesehatan yang diperlukan dalam situasi darurat ini.

Dirut Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kolaka Timur, dr. Abdul Munir Abubakar mengungkapkan keprihatinannya terhadap musibah angin puting  beliung yang dialami warga Desa Tongauna

“kami telah mengirimkan tim kesehatan ke Desa Tongauna yang terdiri dari 1 dokter spesialis jiwa, 1 dokter umum dan 2 perawat yang dibantu juga dari Nakes Puskesmas Ueesi dalam rangka memberikan pelayanan pengobatan dan pendampingan psikis kepada korban terdampak bencana” Ucapnya

Menurut pria yang biasa disapa Munir ini, bahwa dalam setiap bencana dengan skala cukup besar seperti di Desa Tongauna ini yang mana kurang lebih 32 rumah terdampak kerusakan, tentunya membutuhkan konseling untuk meredakan trauma pasca bencana.

“Semoga dengan intruksi langsung Bupati Kolaka Timur ini dapat membantu meringankan beban mereka dari sisi kesehatannya selain yang telah Pemda berikan dalam hal perbaikan rumah-rumah masyarakat dan bantuan lainnya” Harapnya

Ia juga berharap bantuan dan dukungan dari berbagai pihak diharapkan dapat membantu meringankan beban korban angina puting beliung ini dan mempercepat proses pemulihan di Desa Tongauna.

Laporan : Jumran Jumadi