Pj Bupati Konawe Himbau Warga Untuk Waspada Terhadap Cuaca Ekstrem

Tajukperistiwa.com, Konawe || Masyarakat Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara dihimbau agar tetap waspada terhadap cuaca ekstrim terutama angin puting beliung dan hujan keras yang disertai petir.

Himbauan ini disampaikan Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba kepada media ini usai mengunjungi rumah ibadah atau pura di Desa Tawamelewe, Kecamatan Uepai yang mengalami kerusakan parah akibat bencana angin puting beliung,  selasa (23/1/24)

Belakangan ini, sejumlah wilayah di Konawe dilanda cuaca ekstrem yang menyebabkan kerugian material dan mempengaruhi kehidupan sehari-hari masyarakat.

Oleh karena itu, Pj Bupati Konawe mengajak seluruh lapisan masyarakat, terutama yang tinggal di daerah rawan bencana, untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Hindari berada di luar ruangan saat cuaca buruk terutama angina kencang dan segera mencari tempat yang aman jika mendengar suara petir” kata Pj Bupati

“saya berharap dengan kewaspadaan yang tinggi, masyarakat dapat mengurangi risiko dan kerugian yang mungkin timbul akibat cuaca buruk ini” Ujarnya

Selain itu, Pj Bupati Konawe juga telah menyampaikan kepada Satgas  penanggulangan bencana untuk tetap siaga dan siap sedia menghadapi kemungkinan bencana yang dapat terjadi akibat cuaca buruk.

“penyampaian ini sebagai langkah preventif dan proaktif Pemerintah Daerah Konawe dalam upaya melindungi keselamatan dan keamanan masyarakat di tengah cuaca ekstrem”Tutupnya.

Diketahui, baru-baru ini, Pj Bupati Konawe telah mengeluarkan surat edaran Nomor : 300.2/41/2024 tentang kesiapsiagaan menghadapi potensi ancaman bencana banjir dan tanah longsor di wilayah kabupaten Konawe.

laporan : Helni Setyawan