Upaya Menekan Inflasi Serta Menjaga SHP Jelang Lebaran, Pemda Koltim Kembali Gelar GPM Di Aere

Tajukperistiwa.com, Kolaka Timur || Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur melalui Dinas Ketahanan Pangan kembali menggelar Gerakan Pangan Murah atau GPM sebagai upaya untuk menjaga stabilitas harga pangan (SHP) serta menekan laju inflasi menjelang lebaran atau idul fitri 1445 H, senin (8/4/24).

Kegiatan Gerakan Pasar Murah atau GPM yang kembali hadir ini berlangsung di Halaman Kantor Kecamatan Aere, masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan bahan pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah

Gerakan Pangan Murah ini merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh Pemda Kolaka Timur, guna memberikan akses pangan yang terjangkau bagi masyarakat serta menjaga daya beli mereka.

Melalui GPM, berbagai jenis bahan pangan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, telur, dan lainnya disediakan dengan harga yang terjangkau.

Dalam Gerakan Pangan Murah tersebut turut dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Koltim yang diwakilkan oleh Kepala Bidang Distribusi Disketapang Koltim, Toto Untung Slamet, S.KM, Camat Aere Hardi, S.Pd, dan ratusan warga Kecamatan Aere.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Dr. Ir. Idarwaty MM dalam wawancaranya kepada media ini berharap agar kegiatan Gerakan Pangan Murah ini bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya dalam rangka menekan inflasi di Kabupaten Kolaka Timur jelang perayaan hari raya idul fitri 1445 H.

“Seperti yang bisa kita lihat, antusias masyarakat sangat luar biasa dalam membeli beras bantuan pemerintah Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), dan kita harapkan gelaran pasar murah ini kami akan laksanakan terus berkelanjutan untuk bagaimana ketersediaan dan distribusi pangan yang ada di Kabupaten Kolaka Timur, harapnya”.

“Ayo! kita ramaikan gelaran pasar murah di Kabupaten Kolaka Timur Kecamatan Aere dengan menekan inflasi dan memajukan daripada kekuatan kesehatan masyarakat dalam meningkatkan pola makan yang beragam untuk kesehatan serta memenuhi karbohidrat bagi masyarakat kita, tambahnya”.

Sementara itu, Camat Aere, Hardi, S.Pd mengatakan bahwa kami mewakili pemerintah dan masyarakat Kecamatan Aere mengucapkan terima kasih banyak kepada Bupati Kolaka Timur, Abd Azis, SH., MH dalam Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat Kolaka Timur atau yang dikenal dengan Gemas Koltim yang kali ini difokuskan di Kecamatan Aere.

“Terkait dengan adanya Pasar Murah ini, masyarakat di Kecamatan Aere sangat berterima kasih dalam membantu beban masyarakat terkait untuk menekan inflasi terlebih menjelang hari Raya Idul Fitri, tambahnya”. ucapnya

Kata Hardi, sejumlah kebutuhan pokok dengan harga relatif terjangkau dipasarkan sangat mengundang antusias emak-emak bahkan bapak-bapaknya untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Sedangkan, Hj. Murni (40) warga Desa Aere yang turut berbelanja dalam pasar murah ini mengatakan bahwa untuk harga dalam Gerakan Pangan Murah ini sudah cukup terjangkau dibandingkan dengan harga dipasaran.

“Alhamdulillah, dengan adanya gerakan pasar murah ini, saya dan masyarakat khususnya yang dari Kecamatan Aere bisa menikmati harga bahan pokok yang relatif terjangkau dibanding dengan harga yang dijual dipasaran terlebih menjelang hari raya idul fitri” katanya dengan nada bersyukur

“semoga kedepannya pasar murah ini tetap berjalan serta bahan-bahan yang dijual bisa lebih banyak lagi, harapnya”. Tutupnya

Laporan : Jumran Jumadi