Hadiri Pra Musrenbang Provinsi Sulawesi Tenggara, Pj Bupati Harmin Paparkan Program Prioritas Pembangunan Kabupaten Konawe

Berita, Daerah, Nasional26 Dilihat

Tajukperistiwa.com, Kendari || Hadiri acara pembukaan Pra Musrenbang Provinsi Sulawesi Tenggara, Pejabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba, paparkan program skala prioritas pembangunan Kabupaten Konawe, kamis (18/4/24)

Acara yang berlangsung di Hotel Azizah Kendari ini dihadiri langsung Pj Gubernur Sulawesi Tenggara,  Andap Budhi Revianto dan sejumlah Kepala Daerah, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan tamu undangan lainnya.

Harmin Ramba menyampaikan bahwa dalam melaksanakan roda pemerintahan, di Kabupaten Konawe, mempedomani 10 program prioritas yang tertuang pada peraturan daerah nomor 3 tahun 2021 tentang RPJMD Kabupaten Konawe tahun 2021-2026.

Diantaranya kata Pj Bupati Harmin, digitalisasi Birokrasi, program ini merupakan upaya pemerintah daerah Konawe dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, efektif, inovatif dan akuntabel.

“Program ini selaras dengan prioritas pembangunan provinsi Sultra yaitu peningkatan tata kelola pemerintahan yang berkualitas dan inovatif,” jelasnya.

Kemudian, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Tangguh, program ini bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan pengetahuan, keahlian dan perilaku yang unggul.

Ekonomi Mandiri, program ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan-kegiatan ekonomi yang dilakukan secara swadaya oleh masyarakat dengan memperhatikan potensi daerah masing-masing.

Program selanjutnya adalah kata dia, menciptakan kondisi kabupaten Konawe yang bersih, nyaman, aman dan sehat serta Konawe cerdas dengan tujuan untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas di Kabupaten Konawe

Infrastruktur yang kuat, program infrastruktur kuat merupakan program Pemkab Konawe yang selaras dengan prioritas pembangunan Sultra yaitu optimalisasi kualitas pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan.

Konawe Religius, program ini bertujuan untuk membentuk jati diri masyarakat untuk memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan baik dan benar.

Lanjut Pj Bupati Harmin, program berikutnya adalah program lingkungan berbasis partisipatif merupakan gerakan peduli terhadap lingkungan yang melibatkan masyarakat yang bertujuan untuk pelestarian lingkungan hidup.

Sedangkan untuk Konawe Go Wisata, merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan potensi pariwisata dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat Kabupaten Konawe.

“Untuk itu, iklim investasi harus tercipta kondusif dengan upaya memberikan upah buruh yang kompetitif, ongkos angkut yang murah, dan harga dan sewa tanah yang murah bila dibandingkan Kabupaten lain,” ucapnya.

Menurutnya, hal-hal seperti ini mampu menaikkan daya saing Kabupaten Konawe dibandingkan Kabupaten lain. Untuk menjawab persoalan-persoalan di atas, penyusunan RKPD 2025 difokuskan pada empat isu utama.

Yakni pembangunan manusia, pertumbuhan ekonomi inklusif serta pemerataan pembangunan, pembangunan infrastruktur dasar yang berkualitas serta peningkatan tata kelola pemerintahan yang berkualitas dan inovatif.

Terakhir, Pj Bupati Konawe ini mengharapkan kolaborasi dan dukungan Pemerintah Provinsi Sultra untuk mewujudkan Masyarakat Kabupaten Konawe Sejahtera yang Religius dan Berkarakter

Laporan : Redaksi