Tingkatkan Pengetahuan Operator Desa, Pemda Koltim Gelar Bimtek Siskeudes Versi 2.06 Dan CaLK

Tajukperistiwa.com, Kolaka Timur ||Dalam rangka meningkatkan kapasitas operator Desa, Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Keuangan Desa dengan menggunakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) versi 2.06 dan CaLK TA. 2024.

banner 728x90

Acara yang berlangsung di hotel Claro, kendari, selasa (23/1/24) ini dibuka langsung oleh Bupati Kolaka Timur yang diwakilkan Sekretaris Daerah (Sekda), Andi Muh. Iqbal Tongasa,

Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan operator pengendali Siskeudes dalam mengelola keuangan desa dengan menggunakan teknologi terkini.

Aplikasi Siskeudes versi 2.06 dan CaLK TA. 2024 merupakan platform yang diperbarui untuk memudahkan proses administrasi keuangan di tingkat desa.

Dalam sambutannya, Sekda Kolaka Timur mengungkapkan bahwa penggunaan teknologi dalam pengelolaan keuangan desa sangat penting untuk meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas.

Ia berharap melalui Bimtek ini, operator pengendali Siskeudes dapat menguasai seluruh fitur yang disediakan oleh aplikasi dan mampu mengoptimalkan pengelolaan keuangan desa.

Menurutnya, dengan ditetapkannya Permendagri No. 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa sebagai Perubahan Permendagri No. 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, turut berdampak pada Aplikasi Sistem Keuangan Desa  yang akan diimplementasikan oleh 117 Desa di Kabupaten Kolaka Timur, untuk melakukan penyesuaian menu, konten dan fitur-fitur yang ada pada aplikasi Siskeudes versi 2.06

Dengan pengunaan aplikasi ini kata Iqbal diharapkan lebih mempermudah dan mendukung pengelolaan keuangan desa untuk mencatat data rekonsiliasi Dana Desa terhadap catatan atas laporan keuangan desa di tahun 2023, yang kemudian bisa dipergunakan untuk mempercepat dan mempermudah proses pencairan Dana Desa Tahap I Tahun 2024 dan penyaluran bantuan kelompok masyarakat melalui BLT Dana Desa sesuai regulasi yang ada.

Pelaksanaan Bimtek ini juga dilaksanakan dalam rangka menjalankan amanah dari KPK sebagai upaya peningkatan nilai indikator MCP pada Kabupaten Kolaka Timur yang mana di tahun 2023 capaian penilaian MCP KPK untuk dana desa telah mencapai 76 % sehingga menjadi harapan kedepanya capaian ini terus meningkat di tahun 2024.

Untuk itu, diharapkan kepada aparatur Kabupaten sebagai administrator dan pemerintah desa sebagai operator di desa dapat mengimflementasikan aplikasi ini dengan baik.

Dengan penggunaan Siskeudes versi 2.06 dan CaLK TA. 2024, juga diharapkan pelaporan keuangan desa dapat lebih cepat, akurat, dan dapat diakses dengan mudah oleh pihak terkait

Lebih lanjut, Pemerintah daerah tentunya menyambut baik pelaksanaan kegiatan bimtek ini yang tentunya akan banyak memberi manfaat dalam sistem pemerintahan khusunya terkait sistem pengelolaan keuangan desa di kabupaten kolaka timur.

“mengingat pentingnya kegiatan Bimtek ini, saya tekankan kepada para peserta untuk dapat mengikuti Bimtek ini dengan sunguh-sungguh”Ujarnya

Ia berharap, setelah pelaksanaan Bimtek ini para peserta sekalian lebih memahami tentang penggunaan dan pengelolaan Aplikasi Siskeudes versi terbaru, sehingga nantinya bisa diterapkan pada desa masing-masing.

Laporan : Jumran Jumadi