Dampingi Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Di Dangia, Bupati Koltim Jelaskan Hal Ini

Tajukperistiwa.com, Kolaka Timur || Bupati Kolaka Timur, Abd Azis, SH., MH dampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sulawesi Tenggara, Dr. Ir. I gede Panca, M.Pd laksanakan penilaian lomba Desa dan Kelurahan tingkat provinsi di Desa Mulia Jaya Kecamatan Dangia, selasa (21/5/24)

banner 728x90

Dalam penilaian Lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara di Desa Mulia Jaya ini juga turut dihadiri Ketua TP PKK Kolaka timur, Hartini Azis, A. Ma, Sekda Koltim, Andi Muh. Iqbal Tongasa S.STP., M.Si, Forkopimda, TNI-Polri, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat/Bagian, Sekretaris Dewan, Kepala Desa Se-Kec Dangia, serta tamu undangan lainnya.

Dikesempatan ini juga dirangkaikan dengan Penyerahan pendistribusian SPPT PBB-P2 Secara simbolis Kepada 3 Desa yakni, Desa gunung Jaya, Desa Wande, Desa Mulia jaya oleh Badan Pendapatan Daerah Kolaka Timur.

Dalam sambutannya, Kadis PMD Prov Sultra yang juga selaku Ketua Tim Penilai Lomba Desa Dan kelurahaan, Dr. Ir. I Gede Panca., M.Pd, mengatakan bahwa kegiatan Ini merupakan kegiatan yang diamanatkan oleh kementrian Dalam Negeri, salah satunya adalah Peraturan Menteri khusus mengatur evaluasi Kepala desa dalam hal ini lomba desa dan Kelurahan.

“saya tadi mendengar Bahwa Desa Mulia Jaya Ini desa yang sudah Bisa dikatakan Desa Digital yang mempunnyai Website, sehingga nantinya Tim penilai akan menilai dokumen-dokumen yang di siapkan oleh kawan-kawan Desa bisa dibuka melalui Website Desa Mulia Jaya apakah itu APBD Desanya, LKPD Desa dan lain-lain termasuk peraturan-peraturan Kegiatan Didesa”, Ucapnya

Dikesematan yang sama, Bupati Azis mengatakan bahwa melalui lomba desa dan kelurahan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi Kerja pemerintah Desa dalam mendorong kemajuan desa serta terobosan dan inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Desa sehingga dapat dikenali dan dipublikasikan.

“Upaya ini tidak hanya berkenan dengan peningkatan Kualitas pelayanan masyarakat , namun juga kemampuan memperkuat dan Menjaga stabiltas ekonomi dan sosial dalam menghadapi berbagai tantangan dan dinamika yang terjadi saat ini dan dimasa yang akan datang”. ujarnya

Menurutnya, tantangan yang akan dihadapi Desa dan Kelurahan kedepannya akan semakin besar bahkan dimungkinkan semakin banyak tenaga asing dan produk asing yang akan masuk dan bersaing dengan produk local.

Sehingga kata dia, langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan membekali masyarakat  melalui pengetahuan dan skill,  karena untuk dapat mengelola sumber daya alam yang baik tentunya diperlukan sumber daya manusia yang berkompeten, inovatif, dan kreatif.

Ia berharap, mudah-mudahan keikutsertaan kita dalam kegiatan Lomba desa dan kelurahan ini,  Diharapkan dapat memberikan langsung dampak terhadap peningkatan kualitas belanja desa

Taj hanya meningkatkan kualitas belanja desa kata Bupati Azis, melainkan juga akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui inovasi dan  kreativitas pemerintah desa dalam bingkai gerakan membangun dan melayani masyarakat kolaka timur atau yang dikenal dengan akronim “GEMAS KOLTIM”

Diketahui, dalam penilaian lomba desa dan Kelurahan tahun 2024 kali ini mengusung Tema”Wujudkan masyarakat sejahtera melalui belanja desa dan Kelurahan yang berkualitas”

Laporan : Jumran Jumadi