Jadi Irup Upacara Peringatan HAB Ke 77, Azis : Kerukunan Antar Umat Beragama Tetap Dijaga Jelang Pemilu 2024

Berita, Daerah, Nasional303 Dilihat

Tajukperistiwa.com, Kolaka Timur – Awal tahun, pemerintah daerah kolaka timur Sulawesi tenggara laksanakan upacara peringatan hari amal bakti (HAB) kementerian agama RI ke 77 di Lapangan Nur Latamoro Rate-Rate, Selasa (3/1/23)

banner 728x90

Dalam pelaksanaan upacara peringatan hari amal bakti (HAB) ke 77 atau HUT Kementerian agama RI, Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis, SH bertindak sebagai inspektur upacara.

Menteri agama RI, Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis, SH mengajak kepada  seluruh  ASN  Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat.

“Jadikan peringatan HAB ini sebagai penanda sejarah panjang pengabdian Kementerian Agama dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia” ajaknya

Pada HAB ke-77 tahun 2023 ini, kita canangkan tagline Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat, karena saat ini kerukunan  sangat   fluktuatif   dan   dinamis bahkan kerukunan sering menguji  kita,  terutama  menjelang Pemilu  2024.  

“Sejatinya,  kerukunan  adalah  prasyarat pembangunan nasional karena Pembangunan membutuhkan stabilitas, dan stabilitas  dapat     terwujud     bila antarmasyarakat rukun dan damai” jelasnya

Lebih lanjut, di tahun politik ini, potensi terjadinya ketidakrukunan di masyarakat akibat pilihan politik yang berbeda, tetap saja ada. Politisasi agama makin sering dilakukan untuk meraih efek electoral bahkan politisasi tempat ibadah sebagai ajang kampanye, sudah mulai terjadi.

“Penggunaan politik identitas menjelang Pemilu harus diantisipasi dan dimitigasi agar kerukunan umat tidak ternodai” ujarnya

Masih Azis begitu sapaan akrabnya juga menyampaikan bahwa Keluarga besar Kementerian Agama, bersama tokoh  agama  dan  tokoh  masyarakat  harus terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai agar perjalanan dan tahapan Pemilu dapat dinikmati  sebagai  pesta demokrasi  dalam  pengertian yang sesungguhnya.  

“Saya minta tidak ada ASN Kementerian Agama yang partisan, apalagi ikut melakukan  provokasi  di  tengah  keragaman  pilihan” ungkapnya

Orang nomor satu di kolaka timur ini mengatakan melalui sambutan menteri agama RI ini bahwa ASN Kementerian Agama harus menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan. Dan yakinlah bahwa kerukunan umat akan mengantarkan pada Indonesia hebat.

Di akhir sambutannya, ia menyampaikan melalui peringatan HAB ke-77 ini, mari jadikan sebagai momentum untuk meningkatkan soliditas organisasi. Kita harus berada dalam satu barisan yang kuat, kokoh, dan terorganisir untuk Kementerian Agama yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Diketahui, usai laksanakan upacara peringatan Hari  Amal  Bakti  ke-77, Abdul Azis, SH serahkan penghargaan Satyalancana    Karya   Satya kepada sejumlah ASN kementerian agama  

Laporan : Jumran Jumadi