Peringati Hari Desa Asri Nusantara, Desa Mata Wawatu Kec. Morut Gelar Penanaman Pohon Serentak

Tajuk Peristiwa.Com, Konsel — Hari Desa Asri Nusantara adalah hari yang ditetapkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan desa yang ASRI (Aman, Sehat, Rindang, Indah).

Sebagai langkah mendukung Hari Desa Asri Nusantara Mata Wawatu Kecamatan Moramo Utara menanam Pohon d Lokasi Warga Desa Mata Wawatu Kec.Moramo Utara. Senin, 21/03/2023

banner 728x90
Ketgam : Suasana penanaman Pohon serentak oleh Pendamping Desa Se-Kab. Konsel, camat Morut, kades Mata Wawatu , Kades Lamokula, (senin, 21 Maret 2023)

Dalam Peringatan Hari Asri desa nusantara turut dihadiri, Camat moramo utara, Tim Tenaga ahli Kabupaten, Pendamping Desa, Pendamping Lokal desa, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, Para Kepala Desa dan masyarakat desa Mata Wawatu.

Kades Mata Wawatu Marsilan, A. Md menyampaikan bahwa saya salah satu desa yang turut berpartisipasi memperingati Desa Asri Nusantara, karena berdasarkan topografi Desa saya itu 80 % pertambangan. Tapi sudah namanya perintah sami’nah wa ‘ta’nah kita dengarkan dan kita laksanakan.

“Kami juga berterima kasih sudah ditunjuk untuk berpartisipasi dalam rangka hari desa asri nusantara yang tujuannya turut berkontribusi dalam rangka perubahan iklim dunia”.ucapnya

Ketgam : Diskusi antara Pemerintah Kecamatan, Desa dan Tenaga Pendamping Profesional Kabupaten Konawe selatan

Dirinya berharap dengan menanam pohon kita telah turut membantu dalam proses itu tetapi secara substantif masyarakatlah yang akan membatu kita pada akhirnya. Sehingga saya tidak henti hentinya untuk memotivasi bertani dalam rangka menanam pohon untuk masa depan”. Tutup Marsilan

Kordinator TAPM Kabupaten Konawe selatan Laode Alani, S.P menyampaikan bahwa perubahan global adalah dampak pembangunan yang begitu maju, seiring dengan berkembangnya tekhnologi informasi.

“Berlakunya Undang-undang desa sejak tahun 2014 tentang desa, kemudian implementasi dana desa sejak tahun 2015. Itu sudah banyak yang kita lihat, bahwa sesungguhnya didaerah yang kita cintai melalui program pak bupati yaitu desa maju konsel hebat“.

Kemudian sambung Alani pangannya ditingkatkan, disediakan supaya cukup. Kemudian tanam-tanaman perkebunan, seiring juga sama dengan program pemerintah pusat melalui kementerian desa.

Ketgam : Foto bersama TPP Kabupaten Konsel di Desa Mata Wawatu Kecamatan Morut.

“Sehingga ini berawal dari kesabaran dan kesadaran ini semua, utamanya dari kepala Desa. Dan hari ini ditrandingkan, diboomingkan agar lebih dikenal. Juga selama ini melalui Dana Desa”.

Melalui momentum ini kita sebuah gerakan supaya pengadaan bibit itu oleh masyarakat sehingga dana desa yang di mandatkan oleh pemerintah pusat bahwa Dana Desa itu jangan keluar dari desa.

“Bibit diadakan oleh desa yang sudah disertifikasi lebih mudah, tinggal di daftarkan saja kelompok-kelompok masyarakat, Bumdes yang sudah bisa melaksanakan sehingga gerakan ini tidak terhenti”.Tegasnya

Dalam Kesempatan itu pula Camat Moramo utara menyampaikan bahwa ditahun 2023 ini diperingati sebagai Hari Desa Asri Nusantara tentunya kita juga di kecamatan Moramo Utara ini mengambil bagian tentunya dilaksanakan secara simbolis, kegiatan ini juga dilaksanakan serentak mulai tanggal 14-15 Maret 2023 dengan tema “Desa menghijaukan dunia”.

“Salah satu kiat kiat kita sebagai warga masyarakat untuk peduli dengan perubahan cuaca termasuk di dalamnya untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan sehingga kita selalu ada niat yang kuat diantara kita semua untuk selalu menjaga lingkungan Dan bumi kita”.Harapnya

“Terkhusus untuk di moramo Utara karna memang sekarang di Moramo Utara ini tidak ada lagi tempat, kiri kanan kita ini semua ada perusahaan yang masuk, kita juga harus miliki langkah-langkah atau Kiat kiat untuk mengadakan penghijauan sehingga lingkungan kita ini tetap terjaga”.Tutupnya

Laporan : Andi Tenri G
Editor : Isman Jaya