Evaluasi Perkembangan dan Perlombaan Desa/Kelurahan 2024 Sukses di Desa Matawawatu Moramo Utara.

Tajukperistiwa.Com – Konawe Selatan, Desa Matawawatu Kecamatan Moramo Utara dalam gelaran Evaluasi Perkembangan dan Perlombaan Desa/Kelurahan tahun 2024 tingkat Kabupaten Konawe Selatan. Kamis,(7/3/2024)

Lomba Desa yang dihadiri Tim evaluasi perkembangan desa Tingkat Kabupaten Konawe selatan, Camat Moramo Utara, Danramil 1417-10 Moramo/Moramo utara, Kapolsek moramo utara, Kepala UPTD/Dinas jawatan lingkup kecamatan Moramo utara, Ketua tim penggerak PKK, Para kepala Desa/Lurah, Badan Desa,LPM,Tokoh masyarakat serta seluruh Masyarakat Desa Matawawatu.

banner 728x90

Camat Moramo Utara Sartati Mokke.SE menyampaikan bahwa persiapan pelaksanaan kegiatan lomba Desa ini telah dipersiapkan satu bulan sebelumnya dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat serta keterlibatan seluruh perangkat kemasyarakatan serta partisipasi para Kepala Desa dan dinas jawatan dalam lingkup kecamatan Moramo utara.
“tidak berlebihan kiranya kami mengharapkan ini bisa menjadi salah satu pertimbangan seperti yang kita saksikan dari segi fasilitas pemerintahan serta penataan pada sore hari ini, semoga bisa menjadi salah satu masukan bagi tim dalam melakukan penilaian.” harapnya.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Penilai sekaligus Kepala Dinas PMD Kabupaten Konawe SelatanĀ  Bapak Ambolaa.S.Sos.M.Si, menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap partisipasi aktif masyarakat dalam memajukan pembangunan di tingkat desa.
“Melalui evaluasi ini, kita dapat melihat sejauh mana perkembangan yang telah dicapai serta menghargai upaya keras yang telah dilakukan oleh masyarakat desa dalam meningkatkan kualitas hidup, kami akan mengukur bagaimana administrasi pemerintahanya, bagaimana pelaksannaanya, apakah kepala dusunya diangkat Dengan SK, Apakah Kaurnya diangkat Dengan SK, biasanya sesuai aturan pasti tetapi biasanya tidak terdokumentasi.” ujar Ketua Tim.

Lanjut Pa Ambolaa menuturkan, Perbedaan Evaluasi dan Lomba, “kalau Lomba, yang tidak ada kita adakan artinya mengada ada. tetapi kalau evaluasi sudah ada memang tinggal diperbaiki dalam artian setiap kegiatan yang kita laksankan harus terdokumentasi dengan Baik”.

Evaluasi yang mencakup berbagai aspek Pemerintahan,pembangunan, Pemberdayaan dan pembinaan masyarakat seperti pertanian, kebersihan lingkungan, seni budaya, dan kewirausahaan. Kepala Desa Matawawatu Marsilan.ST melaporakan hasil Ringkasan Pelaksanaan pemerintahan,kewilayahan dan kemasyarakatan selama kurun waktu dua tahun terakhir yakni tahun 2022 sampai dengan 2023.

Acara Evaluasi Perkembangan dan Perlombaan Desa/Kelurahan tahun 2024 ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk mendorong semangat gotong royong masyarakat Desa Matawawatu dalam membangun Kabupaten Konawe Selatan menuju arah yang lebih baik.

Laporan; Anditenrie.