Cegah Penyebaran DBD, Puskesmas Loea Koltim Laksanakan Fogging Di Tiga Desa

Berita, Daerah, Sosbud159 Dilihat

Tajukperistiwa.com, Kolaka Timur || Dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat dan mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah (DBD), Dinas Kesehatan Koltim melalui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Loea melaksanakan kegiatan fogging di sejumlah Desa yang dianggap rawan, termasuk Desa Teposua, Desa Mataiwoi, dan Desa Lomoare.

banner 728x90

Fogging merupakan salah satu metode pengendalian vektor yang efektif untuk membasmi nyamuk Aedes aegypti, vektor utama penularan virus DBD.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menyemprotkan cairan larvasida ke area-area yang di dentifikasi sebagai tempat berkembangbiaknya nyamuk, seperti di selokan, kolam, dan tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk.

Diketahui, Pelaksanaan kegiatan fogging ini atas kerjasama Puskesmas Loea, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta masyrakat Desa setempat

“Kami melakukan fogging di Desa Teposua, Desa Mataiwoi, dan Desa Lomoare sebagai langkah preventif dalam menghadapi musim hujan yang berpotensi meningkatkan kasus Demam Berdarah,” ujar Kepala Puskesmas Loea, Miksan, SKM, Rabu, ( 24/4/24 ).

“Dengan melakukan fogging secara berkala, kami berharap dapat mengurangi risiko penularan penyakit seperti demam berdarah dan demam chikungunya yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat,” tambahnya.

Selain melaksanakan fogging ucap Miksan, Puskesmas Loea juga melaksanakan kegiatan penyuluhan kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan yang bersih serta pemberian Abate kepada masyarakat

Ia juga menghimbau masyarakat agar mendukung kegiatan fogging ini dan dengan membersihkan lingkungan sekitar rumah masing-masing dari tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk

“Langkah-langkah pencegahan seperti ini harus dilakukan secara bersama-sama, sehingga diharapkan dapat memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap kesehatan masyarakat dari ancaman penyakit yang ditularkan melalui gigitan serangg atau nyamuka”, tuturnya.

“kami dari puskesmas loea berterima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat sehingga kegiatan ini terselenggara dan disambut dengan baik, karena kegiatan ini merupakan salah satu program Bupati Kolaka timur dalam melayani masyarakat seperti yang tertuang dalam taglinenya,”Kebaikan Berlanjut”. tutupnya.

Laporan : Jumran Jumadi